Sabtu, 23 September 2017

TUGAS GAME ALGORITMA CAKRAM DAN MENCARI RUTE

TUGAS GAME ALGORITMA

PENDAHULUAN
Algoritma berasal dari kata algoris dan ritmis yang pertama kali diungkapkan oleh Abu Ja’far Mohammad Ibn Musa Al Khowarizmi (825M) dalam buku Al-Jabr Wa-al Muqobla.

Algoritma dapat didefinisikan sebagai urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Kata logis berarti bahwa nilai kebenarannya harus dapat ditentukan, benar atau salah. Langkah-langkah yang tidak benar dapat memberikan hasil yang salah.

Pengertian logika dan algoritma
Logika berasal dari kata Yunani yaitu LOGOS yang artinya ilmu. logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan cara berpikir untuk melakukan aksi dengan tujuan tertentu. Algoritma berasal dari nama seorang ilmuan arab yang bernama Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi. Algoritma dapat diartikan urutan langkah-langkah terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.

GAME ALGORITMA 

GAME  1


Aturan cakram:
1. hanya satu yang boleh dipindahkan dalam satu waktu.
2. setiap perpindahan berupa pengambilan cakram teratas dari satu tiang dan memasukanya ke tiang lain
3. tidak boleh meletakancakram lain yang lebih kecil

JAWABAN:
1. cakram hijau pindahkan ke tiang C
2. cakram biru pindahkan ke tiang B
3. cakram hijau pindahkan ke tiang A
4. cakram biru pindahkan ke tiang C
5. cakram hijau pindahkan ke tiang C
6. cakram orange pindahkan ke tiang B
7. cakram hijau pindahkan ke tiang A
8. cakram biru pindahkan ke tiang B
9. cakram hijau pindahkan ke tiang B

GAME 2



Aturan algoritma jarak : - cari rute dari titik 0 ke 5 sebanyak mungkin
- dan tentukan yang paling pendek
- langkah yang diambil tidak boleh berlawanan arah dengan tanda panah

JAWABAN:
1. 0 ke 2 jl. Eri
2. 2 ke 4 jl. Farhan
3. 4 ke 3 jl. Gigi
4. 3 ke 5 jl. Cinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar